Apa itu Big Data?

Dalam postingan saya kali ini, saya akan membagikan tentang Big Data. 
Sejauh ini belum ada definisi pasti tentang apa itu big data, akan tetapi banyak para ahli yang mencoba memberikan definisi terhadap big data. 
Menurut Wikipedia
Big Data is a phrase used to mean a massive volume of both structured and unstructured data that is so large it is difficult to process using traditional database and software techniques. In most enterprise scenarios the volume of data is too big or it moves too fast or it exceeds current processing capacity.
Sedangkan menurut Edd Dumbill
Big data is data that exceeds the processing capacity of conventional database systems. The data is too big, moves too fast, or doesn’t fit the strictures of your database architectures. To gain value from this data, you must choose an alternative way to process it.
Dari kedua definisi diatas mungkin bisa kita simpulkan bahwa Big Data adalah data yang memiliki volume besar sehingga tidak dapat diproses menggunakan alat tradisional biasa dan harus menggunakan cara dan alat baru untuk mendapatkan nilai dari data ini.
Setiap hari kita menciptakan banyak data, data ini bisa berasal dari mana saja; posting ke situs media sosial, gambar digital dan video, catatan transaksi pembelian dan lain-lain. Data ini adalah big data.
Lalu, sebesar apakah volume data agar bisa disebut big data? Apakah jumlah datanya harus milyaran record per hari? Walaupun masih banyak perdebatan soal ini, sekarang sudah banyak pihak yang sepakat bahwa: jika volume data membuat data tersebut tidak ekonomis / mungkin lagi untuk disimpan di solusi penyimpanan data tradisional (network storage / database / data warehouse), maka itu bisa disebut big data.
Sekian dulu dalam postingan saya kali ini, dan akan saya lanjutkan mengenai "Kenapa harus Big Data?" Dalam Postingan selanjutnya :) 

Komentar

  1. Terimakasih kak leni ^-^ akhirnya saya mengerti tentang apa itu big data dan maksud dari big data yang belum dipelajari di perkuliahan.

    Jangan lupa kunjugi blog saya ya ^-^ di
    http://adityaramadhan74.blogspot.com

    Dan juga
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. Mantap penjelasan tentang Big Datanya Leni, pakai bahasa inggris campur bahasa indonesia lagi. Makin banyak ilmu yang saya dapat. Bukan hanya tentang big data saja, hehe.

    Jangan lupa kunjungi blog saya ya di :
    https://ahmadsi2b.blogspot.co.id/

    dan kunjungi pula Website Resmi STMIK ATMALUHUR di :
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  3. Melalui artikel ini, saya jadi mengerti dan paham apa yang dimaksud dengan Big Data. Terimakasih Leni atas penjelasannya.

    Jangan lupa untuk mengunjungi blog saya di
    http://siskaberliana.blogspot.com

    Dan website kampus kita di
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data Mining

Apakah Big Data itu Penting? Untuk apa?

Query Optimizer